Search
  • Nova Trianto

Nizwa by Ekotjandra Kerap Digunakan untuk Fashion Show

Updated: Oct 23, 2019




Kain tradisional seperti Tenun merupakan Warisan Budaya yang ada di Indonesia yang sudah diakui oleh dunia internasional. Modernisasi kain-kain tradisional Tenun Riau, merupakan salah satu cara untuk menampilkan sisi lain dari pengembangan penggunaan kain tradisional khususnya TenunRiau.


Brand Fashion NizwabyEkoTjandra pertama sekali diperkenalkan pada tahun 2016, diinspirasi saat Nizwa Purwanindyah mengikuti kontes kecantikan internasional yang mewakili Indonesia ke Negara Taiwan dalam ajang Face Of Beauty International 2015, dan berkeinginan membawa unsur-unsur tradisional Tenun Riau sebagai dasar pakaian yang akan dikenakan diajang tersebut, maka kain Tenun Riau dirancang untuk dijadikan gaun, pakaian ready to wear serta Kostum Nasional, yang menampilkan setiap detail motif yang sudah turun temurun dan aneka warna berani ciri khas dari Tenun Riau, yang akhirnya mendapatkan apesiasi top 3 untuk Kostum Nasional di ajang Face Of Beauty International 2015 dengan tema “The Ancentral of Kuntum Mambang“


Karena kecintaan akan warisan budaya berupa Tenun Riau dan ditambah dengan pengalaman mendapatkan apresiasi atas karya Desainer EkoTjandra yang dikenal juga mempunyai nyawa tradisional disetiap karya yang diciptakannya, dengan selalu memilih kain wastra sebagai wadah jiwanya menuangkan karya kreatifnya, maka timbulah ide untuk membentuk rekan kerja atau kolaborasi memperkenalkan sekaligus melestarikan kain Tradisional Tenun Riau sehingga bisa merambah dunia internasional tentunya. Adapun terciptanya kolaborasi tersebut dicetuskan oleh Ibu Arniningsih Soeparno ( Ibunda dari Nizwa) , Nizwa Purwanindyah dan EkoTjandra yang akhirnya menjadi suatu brand Fashion dengan label NizwabyEkoTjandra, adapun Nizwa Purwanindyah merupakan Owner, Ibu Arniningsih selaku pengelola wilayah Riau dan EkoTjandra sebagai Penasihat Fashion.


Yang ingin ditampilkan dari Brand Fashion NizwabyEkoTjandra adalah modernisasi Kain tenun yang biasanya digunakan hanya untuk kalangan terbatas saja dan digunakan hanya pada acara formal saja, maka dikembangkanlah desain sedemikian rupa agar produk pengembangan Kain Tenun Riau ini dapat dikenal dan diterima oleh kalangan anak muda milenial serta dapat menembus pasar busana international.


Selain itu, mengambil tema modernisasi tidaklah mudah, karena banyak pakem-pakem yang harus ditaati dengan dan menjaga agar pola penempatan motif-motif Tenun Riau tetap terjaga nilai seni dan filosofinya sesuai adat istiadat yang ada di Riau.

Acara yang pernah diikuti :

1. Fashion Trend ‘The Alluring Of Nusantara’, di Mall Hartono Yogyakarta tahun 2017

2. Pesona Bumi Lancang Kuning,. Diundang oleh Yayasan Melayu Nusantara Indonesia di JW Mariot Hotel Jakarta tahun 2017

3. Pemilihan Bujang Dara Riau tahun 2017, sebagai salah satu sponsor

4. Pekanbaru Runway by Ciputra Seraya Mall, di Mall Ciputra Pekanbaru tahun 2017

5. Morroco Fashion Showcase, di Plaza Ambarukmo Yogyakarta tahun 2018.

6. Pemilihan Bujang Dara Riau tahun 2018, sebagai salah satu sponsor

7. Ziarah Karyawan Nusantara Meraikan Malaysia Baharu, Diundang oleh Yayasan Dakwah bersama Seni Panggung TokTan di Kuala Lumpur Malaysia tahun 2018

8. Jogja Fashion Festival, di Plaza Ambarukmo Yogyakarta 2018.

9. Pemilihan Miss Riau Expo, di Pekanbaru tahun 2018 sebagai sponsor.

10. Warisan Budaya Rupa 2018 di hotel Arya Duta Pekanbaru Riau tahun 2018

11. Melayu Fashion Festival bekerjasama dengan Bank Indonesia KPw Pekanbaru tahun 2018

12. Annual Wedding Expo 2019, di Mall SKA Pekanbaru tahun 2019. Diundang oleh Mall SKA Manajemen.

13. Bank Indonesia Riau Expo dan Festival Ekonomi Syariah Riau 2019, di Mall Living World Pekanbaru tahun 2019.

14. Karya Kreatif Indonesia, di JCC Jakarta tahun 2019. Mewakili karya kriya binaan Bank Indonesia KPw Pekanbari Riau

15. Festival Ekonomi Syariah, di Hotel Aryaduta Palembang tahun 2019. Diundang oleh Bank Indonesia Wilayah Sumatra

16. Pemilihan Miss Riau Expo , di Pekanbaru tahun 2019, sebagai sponsor

17. MaFest Melayu Festival 2019, di Mall Living World tahun 2019.


2 views0 comments

Contact:

ig.png

@nzcraft.official

ig.png

@nizwabyekotjandra

ig.png

@batikserojadara